Minggu, 12 Desember 2010

HOW TO NEGOISASI

Negoisasi pada intinya adalah bagaimana mempengaruhi orang lain agar orang lain mengikuti kita intinya adalah komunikasi personal. untu memenangkan suatu proses negoisasi dengan orang lain paling tidak kita harus mengetahui 3 hal yaitu :
1. maksimalkan benenif

2. minimalkan resiko
3. differensiasi (nilai tambah)
jika 3 hal ini kita kuasai dan mampu melihat "benefit yang paling di cari,resiko yang paling dihindari, dan nilai tambah dari pesaing kita" maka 80% negoisasi kita pasti sukses.

untuk memperjelasnya saya akan berikan contoh kasus seperti berikut :
si A adalah salesman rokok dan si B adalah pemilik outlet retail (outlet yang pengambilanyya sedikit) singkat kata untuk bisa menjual si A harus tahu dulu psikis si B yang notabene adalah pemilik toko yang benefitnya adalah untung besar, minim resiko adalah barang pasti laris (laku terjual) dan pembedanya adalah daya fresshnes produknya.
maka biasanya adalah si A akan mengatakan " pak silakan beli ini jika rokok saya tidak laku selama 2 minggu maka akan saya ganti uang 2 kali lipat "nah disini pasti si B akan langsung melakukan pembelian secara banyak...
bagaimana jika tidak laku ?
opsinya :
1. membayar 2 kali produk tersebut artinya salesman rugi
2. mengganti item lain yang harganya jauh lebih tinggi, salesman tetap rugi tapi masih dapat prestasi karena mampu menjual produk premium misalnya..

intinya, bagaimana kita menggunakan akal kita


ha.ha.ha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar